BAHAN AJAR
Identitas Materi Ajar
Nama Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran 1 x Pertemuan
Judul Bahan ajar : Identifikasi dan Telaah Struktur Teks Pidato
Persuasif
Kompetensi
Dasar
3.4. Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato
persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
Deskripsi Singkat Materi
Selamat
berjumpa dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia. Pada
materi ajar
ini kita akan mempelajari Teks Pidato Persuasif.
Namun sebelumnya,
marilah kita berdoa terlebih dahulu, semoga kita diberi kemudahan dan
kelancaran dalam belajar. Bahan ajar ini akan membahas tentang teks
pidato persuasif khususnya struktur teks pidato persuasif.
Mengapa
kita harus memelajari tentang struktur teks pidato persuasif? Anak-anak
pernahkah ananda menyaksikan seseorang yang sedang berpidato menyampaikan
pikiran dan pendapatnya di ruang publik yang dihadiri banyak orang? Pernah
bukan? Nah… dalam kehidupan, memang kita sering melihat, mendengarkan, orang
berpidato. Atau bahkan mungkin kita sendiri yang melakukan pidato untuk
menyampaikan informasi atau gagasan kepada orang lain.
Pidato
merupakan salah satu keterampilan berbahasa secara lisan yang bisa dipelajari.
Ketika kita melakukan pidato agar tujuan pidato tercapai, informasi dan gagasan
yang disampaikan dapat dipahami dan diterima pendengar dengan baik maka perlu
disampaikan dengan runtut, dan menggunakan bahasa yang tepat sesuai dengan
maksud dan tujuan pidato.
Salah satu
tujuan atau jenis pidato yang mampu memikat perhatian banyak orang adalah
pidato persuasif. Pidato persuasif sering digunakan untuk mengajak, membujuk,
merayu, atau memengaruhi orang lain. Agar mampu berpidato persuasif dengan
baik, perlu memelajari teks pidato persuasif dengan sungguh-sungguh. Nah,
seperti apakah teks pidato persuasif itu? Bagaimanakah struktur teksnya? Mari
kita pelajari bersama!
Petunjuk Penggunaan Bahan Ajar
Untuk
mendapatkan hasil maksimal saat belajar, maka disediakan beberapa petunjuk
penggunaan bahan ajar ini. Materi dalam modul ini dibagi menjadi empat kegiatan
belajar sebagai berikut :
Kegiatan
belajar 1 : Teks Pidato Persuasif
Kegiatan
belajar 2
: Struktur Teks Pidato Persuasif
Kegiatan
belajar 3
: Contoh Teks
Pidato Persuasif
Ananda dapat
mempelajari keseluruhan modul ini dengan cara yang berurutan. Jangan memaksakan
diri sebelum benar-benar menguasai bagian demi bagian dalam bahan ajar ini,
karena masing-masing saling berkaitan. Di dalam bahan ajar ini dilengkapi
dengan tugas dan tes formatif yang harus diselesaikan. Tugas dan tes formatif
menjadi alat ukur tingkat penguasaan anda setelah mempelajari materi dalam bahan
ajar ini. Jika ananda belum menguasai 75% dari setiap kegiatan, maka ananda dapat
mengulangi untuk mempelajari materi yang tersedia dalam bahan ajar ini. Apabila
ananda masih mengalami kesulitan memahami materi yang ada dalam materi ajar
ini, silahkan diskusikan dengan teman atau guru ananda.
Untuk
mencapai tujuan Kompetensi Dasar 3.4 menelaah
struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang
didengar dan dibaca, Indikator Pencapaian Kompetensi pada
Kegiatan Belajar ini, diharapkan ananda
mampu mengidentifikasi dan menelaah teks pidato
persuasif dengan tepat
1.
Teks Pidato
Pidato
merupakan pengungkapan pikiran melalui kata-kata yang ditujukan kepada orang
banyak. Gagasan dalam sebuah pidato disampaikan secara lisan. Gagasan dalam
sebuah pidato beraneka macam, seperti informasi, imbauan, atau ajakan. Salah
satu jenis pidato berdasarkan tujuannya adalah pidato persuasif.
Pidato
persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk dan memengaruhi
pendengar. Isi pidato persuasif menghadirkan berbagai macam argumen dari sudut pandang
pembicara. Jadi, pembicara menyatakan beberapa argumen untuk mengajak, membujuk,
dan memengaruhi pendengar dengan kata-kata yang diucapkan.
Pidato
persuasif merupakan salah satu media penyampaian gagasan. Gagasan dalam pidato
persuasif berupa ajakan. Dalam pidato persuasif, terdapat berbagai macam
argumen dan pesan dari pembicara. Dengan berpidato, pembicara dapat
menyampaikan gagasan dan pesan tersebut kepada khalayak luas.
2. Struktur Teks Pidato Persuasif
Nah, setelah memahami tentang pengertian pidato persuasif bagaimanakah dengan struktur teks pidato
persuasif? Struktur teks merupakan hubungan antara unsur-unsur atau bagian-bagian yang membentuk teks sebagai satu kesatuan. Dengan demikian, struktur teks pidato persuasif merupakan unsur-unsur atau
bagian - bagian teks
pidato persuasif yang membentuk teks
pidato persuasif sebagai
satu kesatuan. Antarbagian dalam teks
pidato persuasif membentuk
rangkaian yang runtut dan sistematis sehingga mampu menyampaikan
pandangan dan pesan orator (orang yang berpidato) dalam membahas topik atau
masalah tertentu.
Agar ananda memahami tentang struktur teks pidato persuasif coba simak dan cermati contoh teks pidato persuasif dengan judul “Jagalah kebersihan!” Setelah ananda mencermati contoh teks pidato persuasif di atas dengan saksama, maka dapat diketahui bahwa struktur teks pidato persuasif dibangun tiga unsur utama, yaitu terdiri atas bagian pembukaan, isi pidato dan bagian penutup pidato. Ketiga bagian atau struktur tersebut merupakan komponen yang harus ada dalam sebuah teks
pidato. Apabila salah satu unsur
struktur
tidak ada, maka teks pidato tersebut tidak
akan menjadi
teks pidato yang sempurna. Agar lebih jelas, perhatikan penjelasan berikut ini!
A. Bagian Pembukaan
Pembukaan teks pidato terdiri atas beberapa bagian,
yaitu:
1. Salam Pembuka
Salam pembuka berisi salam kepada orang yang menghadiri
acara tersebut. Salam pembuka disesuaikan dengan situasi (waktu) dan latar
belakang pendengar (audiens) yang hadir. Contoh salam pembuka, antara lain,
seperti: Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, salam sejatera, selamat
pagi, dll.
2. Ucapan
(sapaan) Penghormatan.
Ucapan (sapaan) penghormatan merupakan sapaan kepada
pendengar yang menghadiri acara tersebut. Ucapan (sapaan) penghormatan dimaksud
sebagai bentuk penghormatan orator (orang yang berpidato) kepada pendengar.
Dari sisi etika, pendengar yang memiliki tingkatan sosial atau usia lebih
tinggi diberikan ucapan (sapaan) penghormatan terlebih dahulu.
3. Ucapan Rasa
Syukur
Ucapan rasa syukur bagian ini merupakan salah satu wujud
rasa syukur kepada Tuhan atas semua anugerah yang telah dilimpahkan kepada
hamba-Nya.
4. Ucapan Terima
Kasih
Bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada yang hadir
dan kepada berbagai pihak yang telah membantu dan mendukung acara tersebut.
B. Bagian Isi Pidato
Isi pidato adalah bagian yang penting karena dalam isi
ini mengandung inti dari sesuatu yang disampaikan dan dibicarakan. Isi dalam
pidato persuasif berisi argumen-argumen yang memuat masalah atau informasi.
Argumen atau pun informasi tersebut digunakan sebagai dasar dalam mengajak
pendengar untuk melakukan apa yang diinginkan pembicara. Dalam bagian isi ini
sang orator akan menjelaskan secara detail mengenai apa yang disampaikannya
kepada para pendengar. Secara rinci struktur (bagian) isi pidato persuasif
adalah seperti berikut ini.
1. Pernyataan Posisi
Pernyataan posisi merupakan pendapat atau pendirian yang
diambil penulis/pembicara terhadap suatu permasalahan.
2. Tahap Argumen
Bagian ini berisi argumen-argumen yang dikembangkan dan
didukung secara logis, dibuktikan dengan alasan, contoh-contoh, bukti pakar,
dan informasi statistik.Setiap pengembangan pikiran atau argumen berisi
sejumlah kalimat yang menjadi sebuah paragraf. Setiap paragraf disusun dengan
kalimat topik yang berkaitan dengan gagasan utama paragraf sebelumnya. Hampir
semua paragraf memilki satu gagasan utama yang dikembangkan dan membentuk
bagian dari teks pidato persuasif secara keseluruhan.
3. Penguatan Pernyataan Posisi
Di bagian
ini letak argumen ditonjolkan. Simpulan posisi berdasarkan argumen yang telah
disajikan memperkuat pernyataan posisi.
C. Bagian Penutup Pidato
Penutup pidato merupakan bagian akhir sebuah pidato.
Dalam pidato persuasif, bagian penutup berisi hal-hal berikut ini.
1. Harapan
agar gagasan dan pesan yang disampaikan bermanfaat bagi pendengar.
2.
Permohonan maaf kepada pendengar jika ada kesalahan dan kekhilafan.
3. Ucapan
terima kasih kepada pendengar.
4. Salam
penutup.
Penjelasan atau keterangan di atas tentunya dapat
membantu ananda dalam memahami struktur teks pidato persuasif. Agar lebih jelas tentang
struktur teks pidato persuasif, mari kita perhatikan contoh teks pidato
persuasif berikut!
3.
Contoh Teks Pidato Persuasif
Pentingnya Menjaga Kebersihan
Asalamualaikum warahmatullahi
wabarakatuh
Yang terhormat Bapak/Ibu Guru
yang kami hormati dan teman-temanku semua yang saya sayangi,
Pertama-tama marilah kita
panjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah Swt. karena berkah dan
karunia-Nya kita bisa bertatap muka di sini.
Bapak/Ibu guru dan teman-teman
yang saya cintai.
Sebelum saya memulai pidato ini,
saya akan mengingatkan tentang slogan-slogan yang menempel di hampir setiap
koridor sekolah kita, di antaranya “Bersih pangkal sehat”, “Kebersihan adalah
sebagian dari iman”, “Jagalah kebersihan”. Akan tetapi, apakah slogan-slogan
tersebut telah menggugah kita untuk mengamalkannya?
Sering kali kita melihat
murid-murid yang membuang sampah sembarangan, baik itu berupa kertas-kertas
bekas maupun bungkus-bungkus bekas jajanan mereka.
Tentu kita sebagai warga sekolah
tidak mau melihat sampah tersebut berserakan di mana-mana. Demi tercapainya
lingkungan yang bersih dan nyaman di tempat kita belajar, perlu sekali
dilakukan tindakan yang bersifat mengajak kesadaran kepada setiap siswa untuk
menjaga kebersihan yang bersifat mengatasi masalah di atas. Dengan
tindakan-tindakan disiplin, diharapkan para pendidik mampu menyadarkan siswa
untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolahnya.
Sebagai penutup saya ingin mengajak
semua teman-teman untuk saling bahu membahu menjaga lingkungan sekolah agar
selalu bersih sehingga kita bisa belajar dengan nyaman dan sehat.
Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sumber : sudutbatam.com
Rangkuman
Setiap
orang mempunyai gagasan. Gagasan tersebut dapat diungkapkan melalui pidato.
Pidato merupakan sarana komunikasi satu arah secara lisan. Salah satu jenis
pidato berdasarkan tujuannya adalah pidato persuasif. Pidato persuasif adalah
pidato yang bertujuan mengajak, membujuk dan memengaruhi pendengar.
Struktur
teks pidato persuasif dibangun tiga unsur utama, yaitu terdiri atas bagian
pembukaan, isi pidato dan bagian penutup pidato. Struktur teks merupakan
hubungan antara unsur-unsur atau bagian-bagian yang runtut dan sistematis
membentuk teks sebagai satu kesatuan.
Tugas 1
Jawablah Benar atau Salah pernyataan berikut!
No. |
Kutipan Pidato |
Benar / Salah |
1 |
Mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt. yang
telah melimpahkan kesehatan dan kesempatan berkumpul di pagi yang cerah ini. Bapak
dan Ibu Guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai, perkenalkan
saya Nashwa Khaira Yakub. Pada kesempatan kali ini izinkan saya berbicara
mengenai belajar di tengah pandemi. Bagian pembuka pidato tersebut tidak dilengkapi ucapan terima kasih. |
|
2 |
Mari kita rayakan kemerdekaan ini dengan menyemangati
para pasien yang terpapar dan pahlawan kita, yaitu para dokter yang berjuang.
Bagian penutup pidato tersebut berisi ajakan |
|
3 |
Mari kita rayakan kemerdekaan ini dengan
menyemangati para asien yang terpapar dan pahlawan kita, yaitu para dokter yang berjuang. Kutipan ini tidak sesuai dengan topik mengisi kemerdekaan di tengah
pandemi. |
|
4 |
Kemerdakaan ini harus kita wujudkan dengan belajar dan
bekerja secara sungguh-sungguh walau dilakukan dengan daring. Ingatlah selalu
untuk mematuhi protokol kesehatan demi kebaikan kita. Kutipan pidato tersebut berisi harapan. |
|
5 |
Semoga kita diberikan kesehatan, kekuatan, dan semangat
agar bisa melalui masa sulit ini. Kutipan pidato tersebut berisi ajakan |
|
6 |
Saat ini kita sedang melalui krisis Covid–19. Krisis
yang memakan begitu banyak nyawa. Krisis yang menjadi tantangan luar biasa
bagi negara kita dan seluruh dunia Kutipan pidato tersebut bagian argumen pendukung. |
|
7 |
Izinkan saya berbicara mengenai aku dan vaksinku.
Vaksinasi nasional di Indonesia sebagai salah satu upaya penanganan pandemi
Covid-19. Kutipan pidato tersebut bagian perkenalan topik |
|
8 |
Saya ingin bertanya, sudah merdekakah bangsa kita?
Sudah layakkah kehidupan masyarakat Indonesia? Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan retorik. |
|
9 |
Mari kita tanam pepohonan dengan memanfaatkan lahan di
rumah. Terdapat kalimat yang memersuasi |
|
10 |
Pidato persuasif memerlukan contoh berdasarkan fakta
dengan menunjukkan gambar, bukan kalimat semata. |
|
Tugas 2
Telaalah teks pidato berikut
Assalamualaikum
Warrahmatullahi Wabarrakatuh Salam
sejahtera untuk kita semua, Anak-anak
yang saya banggakan Marilah
kita ucapkan syukur ke hadirat Allah swt atas nikmat sehat sehingga kita bisa
berkumpul kembali hari ini di madrasah tercinta. Pagi hari ini saya ingin membahas kembali tentang bahayanya Narkoba bagi
kaum remaja masa kini. Bahaya ini sudah banyak kita saksikan di beberapa media.Salah satunya
adalah sosial media yang sudah banyak
diakses khalayak ramai. Sudah pasti kita semua telah
mengenal apa itu narkotika, dan bagaimana bahayanya narkotika tersebut. Bahaya itu memang
tidak akan terasa dalam jangka waktu yang pendek. Namun lambat laun efek obat
itu akan terasa dan akan semakin merusak organ tubuh. Pemakaiannya seringkali
berefek candu bagi pemakainya. Target para Bandar
narkoba adalah remaja seperti siswa di hadapan saya sekarang ini. Cara membujuknya seringkali hanya
karena ingin menunjukkan eksistensi pada pergaulan. Agar terlihat tidak cupu,
katanya. Mengapa narkotika
harus dijauhkan? Saya sudah sering mendengar pertanyaan seperti ini.
Jawabannya adalah karena narkotika membahayakan tubuh. Sesuatu yang berbahaya
mengapa harus didekati. Tentu tidak perlu. Untuk itu, saya ingin
menghimbau kepada seluruh masyarakat di madrasah kita ini agar menjauhi narkotika. Seburuk apapun masalah yang kita
punya, hendaknya tidak melampiaskannya pada narkotika. Jika memang sudah
merasa tidak bisa menahan masalah yang ada, madrasah menyiapkan Bimbingan Konseling. Dimana para siswa dapat berdiskusi
tentang masalahnya kepada guru yang terkait. Sehingga masalah yang dimiliki dapat terpecahkan tanpa
harus menyiksa tubuh ananda yang masih sehat. Mari sama-sama meneriakkan
‘katakan tidak pada Narkotika’ agar kita selalu dijauhkan dari benda ini. Bukan hanya untuk orang lain, namun juga hal itu akan
berdampak baik pada diri dan keluarga yang menyayangi ananda. Dengan kita
menjauhi narkotika, kita dapat berkarya dan berprestasi di berbagai bidang. Menjadi pribadi yang lebih baik untuk ke depannya serta
hidup sehat
hingga umur menua. Menjadi remaja yang berkarya dan
berprestasi sehingga
tidak ada penyesalan nantinya. Hal itu dapat dimulai
dengan mengatakan tidak
pada narkotika Mohon maaf jika ada kesalahan pada ucapan saya dan kepada Allah
swt saya mohon ampun. Terima kasih Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh |
DAFTAR PUSTAKA
1.
Asiati, Seni .2021. Modul
Pembelajaran SMP Terbuka BAHASA INDONESIA Kelas IX Modul 2 BERANI BERBICARA. Jakarta.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset
dan Teknologi Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat SMP
2.
Mulyadi, Adi dan Ani Andriani. 2021. Buku Siswa Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.Kelas 9. Bandung. Yrama Widya
3.
Rohimah, Ima. 2019. Buku
Penilaian Bupena Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta. Penerbit Erlangga
4. Santoso, Apriyanto Dwi dkk. 2020. PR Merdeka Belajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX. Yogyakarta. PT. Intan Pariwara
Jawaban Tugas 2
NO |
STUKTUR |
BUKTI TEKSTUAL |
1 |
Bagian Pembukaan |
|
|
Salam Pembuka |
Assalamualaikum
Warrahmatullahi Wabarrakatuh |
Salam
sejahtera untuk kita semua, |
||
Ucapan Penghormatan |
Anak-anak
yang saya banggakan |
|
Ucapan rasa syukur |
Marilah
kita ucapkan syukur ke hadirat Allah swt atas nikmat sehat sehingga kita bisa
berkumpul kembali hari ini di madrasah tercinta. |
|
2 |
Isi Pidato: |
|
|
Pernyataan Posisi |
Pagi hari ini saya ingin membahas kembali tentang bahayanya Narkoba bagi
kaum remaja masa kini. Bahaya ini sudah banyak kita saksikan di beberapa media.Salah satunya
adalah sosial media yang sudah banyak
diakses khalayak ramai. Sudah pasti kita semua telah
mengenal apa itu narkotika, dan bagaimana bahayanya narkotika tersebut. |
Tahap Argumen |
Bahaya itu memang
tidak akan terasa dalam jangka waktu yang pendek. Namun lambat laun efek obat
itu akan terasa dan akan semakin merusak organ tubuh. Pemakaiannya seringkali
berefek candu bagi pemakainya. Target para Bandar
narkoba adalah remaja seperti siswa di hadapan saya sekarang ini. Cara membujuknya seringkali hanya
karena ingin menunjukkan eksistensi pada pergaulan. Agar terlihat tidak cupu,
katanya. Mengapa narkotika
harus dijauhkan? Saya sudah sering mendengar pertanyaan seperti ini.
Jawabannya adalah karena narkotika membahayakan tubuh. Sesuatu yang berbahaya
mengapa harus didekati. Tentu tidak perlu. Untuk itu, saya ingin
menghimbau kepada seluruh masyarakat di madrasah kita ini agar menjauhi narkotika. Seburuk apapun masalah yang kita
punya, hendaknya tidak melampiaskannya pada narkotika. Jika memang sudah
merasa tidak bisa menahan masalah yang ada, madrasah menyiapkan Bimbingan Konseling. Dimana para siswa dapat berdiskusi
tentang masalahnya kepada guru yang terkait. |
|
Penguatan pernyataan posisi |
Sehingga masalah yang dimiliki dapat terpecahkan tanpa
harus menyiksa tubuh ananda yang masih sehat. Mari sama-sama meneriakkan
‘katakan tidak pada Narkotika’ agar kita selalu dijauhkan dari benda ini. Bukan hanya untuk orang lain, namun juga hal itu akan
berdampak baik pada diri dan keluarga yang menyayangi ananda. Dengan kita
menjauhi narkotika, kita dapat berkarya dan berprestasi di berbagai bidang. |
|
3 |
Bagian Penutup
Pidato: |
|
|
Harapan |
Menjadi pribadi yang lebih baik untuk ke depannya serta
hidup sehat
hingga umur menua. Menjadi remaja yang berkarya dan
berprestasi sehingga
tidak ada penyesalan nantinya. Hal itu dapat dimulai
dengan mengatakan tidak
pada narkotika |
Permohonan maaf |
Mohon maaf jika ada kesalahan pada ucapan saya dan kepada Allah
swt saya mohon ampun. |
|
Ucapan terima kasih |
Terima kasih |
|
Salam penutup |
Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh |
Posting Komentar untuk "BAHAN AJAR"